Tips Ayurvedic Untuk Meningkatkan Kekebalan Dari Dalam dan Luar

Obat Indonesia – Mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat menjadi prioritas tinggi bagi banyak orang belakangan ini.

Jika Anda cenderung ke Herbalisme dan pendekatan alami untuk meningkatkan imun, Anda dapat beralih ke immunostimulants seperti elderberry (Sambucus nigra) dan bawang putih (Allium sativumum), seperti astomoramus (Astrausaorgumlodanium Mongolia) dan Vermaeshi (the Vermaigma.) Sekutu herbal ini bisa sangat membantu, dengan imunostimulan,antivirals, dan antimicrobials yang sangat mendukung untuk jangka pendek.

Tapi bagaimana dengan dukungan kekebalan tubuh sepanjang tahun? Artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana meningkatkan kekebalan dari dalam ke luar, khususnya melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan keseluruhan kesejahteraan tip-top di “offseason.”

3 Kunci Utama: Agni, Ama, dan Ojas

Aku datang ke Herbalisme melalui Ayurveda, dan Ayurveda terus melayani sebagai Yayasan bahwa saya membangun protokol herbal saya atas. Apapun pendekatan Anda untuk bekerja dengan sekutu tanaman, untuk mengetahui sistem teruji ini dapat membuktikan perspektif yang berguna dalam membimbing praktek kesehatan Anda.

Tiga konsep Ayurveda kritis untuk dipahami ketika berbicara tentang penyakit dan kesehatan adalah agni, ama, dan ojas. Bahkan, ketika saya bertemu dengan klien baru, menilai keadaan mereka agni, ama, dan ojas akan memainkan peran utama dalam membimbing rencana Ayurveda mereka. Di mana mereka berdiri dengan ketiga faktor memberi saya gambaran keseluruhan keadaan kesejahteraan mereka—dan berapa lama mungkin diperlukan untuk kesehatan mereka untuk memperbaiki.

Agni: Api Digestif

Agni pada dasarnya api pencernaan seseorang atau kekuatan pencernaan. Menurut dokter Ayurveda, guru, dan penulis Dr Vasant Lad (1984) “Agni adalah kebakaran biologis yang mengatur metabolisme” (p. 39). Ayurveda mengajarkan bahwa agni yang terkandung dalam pitta dosha (Pemuda, 1984). Elemen api adalah elemen dominan dalam kedua agni dan pitta. Mereka yang memiliki konstitusi dominan cenderung memiliki agni yang kuat secara alami. Meskipun begitu, menjaga api terang dan seimbang sangat penting bagi semua orang, terlepas dari jenis konstitusional.

Agni sangat penting karena pada dasarnya kemampuan kita untuk menerima makanan dan untuk mengusir wastes. Ketika agni lemah atau tidak menentu, limbah metabolisme akan menumpuk dan makanan akan dikompromikan. Nutrisi tidak akan efektif diserap, kekebalan akan terganggu, dan umur panjang mungkin terganggu (nak, 1984). Di sisi lain, jika agni terlalu kuat, api digestif dapat membakar tubuh (yang dikenal sebagai dhatus), menyebabkan pengurapan, kehilangan berat badan, dan atrophy.

Ama: akar penyakit

Seperti sebelumnya disebutkan, melemah atau tidak menentu menyebabkan akumulasi ama. Ama adalah istilah unik Ayurveda yang dipahami menjadi masalah makanan yang belum dicerna. Ama mulai menumpuk dalam usus besar, dan jika tidak diperiksa pada akhirnya akan tumpah ke dalam sistem tubuh lain dan berbagai saluran tubuh (srotamsi). Lengket, pelanggaran substansi ini menyumbat jaringan tubuh (dhatus) dan saluran tubuh, menciptakan stagnasi dan mengorbankan fungsi organik (nak, 1984). Ama melemahkan sistem kekebalan tubuh dengan meredam agni jaringan di mana berkumpul. (Setiap jaringan dhatu memiliki agni sendiri). Jika kekebalan adalah kemampuan untuk menghancurkan penjajah yang berbahaya, dengan mengorbankan agni, ama menghancurkan fungsi vital.

Oleh karena itu, langkah pertama dalam meningkatkan imunitas dari dalam ke luar adalah untuk menyeimbangkan agni dan membasmi ama. Sekali lagi, Anda dapat membaca tentang tips praktis untuk mempertahankan agni yang sehat dalam artikel saya Ayurvedic Guide Untuk Membangun Kekuatan pencernaan. Namun, di sini adalah beberapa prinsip yang berlebihan untuk menanggung dalam pikiran.

  • Makan menurut musim, menjaga konstitusi seseorang dalam pikiran.
  • Makan kebanyakan makanan yang dimasak.
  • Hindari air dingin dan minuman dingin. Cairan panas atau kamar yang terbaik.
  • Makanlah yang cukup untuk memuaskan rasa lapar seseorang, tapi jangan terlalu banyak makan.
  • Makan dengan tenang.
  • Hindari minum terlalu banyak, serta makan tengah malam.
  • Ketika agni berfungsi dengan baik dan ama tidak menumpuk, maka semua dhatus (jaringan tubuh) akan diberi makan dengan layak, dan dengan demikian ojas, energi penting dari sistem kekebalan tubuh akan didukung.

Ojas: Penuh Semangat!

Ojas, secara harfiah diterjemahkan sebagai” vigor ” adalah istilah unik Ayurveda lainnya. Ini adalah kunci dalam meningkatkan kekebalan pada tingkat dalam karena itu getah hidup kita dan energi penting dari sistem kekebalan tubuh (Frawley, 2000). “[Ojas] adalah esensi halus dari sistem reproduksi dan semua sekresi vital. Ini adalah konsep Ayurveda khusus dari cairan sumber yang mendasari semua kapasitas fisik kita” (Frawley, 2000, p. 48). Ojas agak sulit untuk dipahami karena tidak begitu banyak substansi fisik karena merupakan sebuah mendasari energi–air mancur vitalitas. Pada tingkat halus, rumah adalah chakra jantung; ojas cukup memberikan kesehatan, umur panjang, dan kekebalan. Tambahan ojas menyebabkan penyakit dan akhirnya kematian (Frawley, 2000).

Ojas akan diakui sebagai resistensi terhadap penyakit, kekuatan fisik, kecerahan pada mata dan kulit yang cukup, pencernaan yang efisien, dan pikiran yang jelas (Kutub, 2013). Setiap orang lahir dengan tingkat tertentu ojas. Bagaimanapun, ojas hanya bisa dibangun setelah semua jaringan tubuh difavoritkan.

Menyeimbangkan Agni dan Ojas

Tentu saja, ini semua tentang keseimbangan. Sementara itu penting untuk melindungi ojas untuk meningkatkan kekebalan, agni dan ama juga harus dikelola. Makanan di jjas cenderung lebih berat, dan agni (api digestif) harus mampu mengimbangi beban. Oleh karena itu, individu dengan agni yang kuat dapat menangani makanan lebih berat, dan pada kenyataannya mereka akan membutuhkan makanan lebih berat dalam rangka untuk menjaga dengan tuntutan metabolisme mereka. Mereka yang lebih halus atau tidak menentu mungkin harus membatasi makanan berat dan menyeimbangkan makanan—makanan dengan rempah-rempah pencernaan seperti jahe, cinnamon, lada hitam, turmerik, cintin, cumander, dan kapulaga.

Hal utama adalah untuk mengamati keadaan agni, ama, dan ojas dan kemudian membuat penyesuaian sesuai. Karena ama adalah salah satu penyebab penyakit, mencegah akumulasi adalah kuncinya. Tanda-tanda ama akumulasi termasuk (Frawley, 2000):

  • Sebuah lapisan tebal di lidah
  • Napas busuk (terutama jika persist ini setelah menyikat gigi seseorang)
  • Nafsu makan tidak teratur rendah atau tidak teratur
  • Merasa lamban
  • Gerakan tidak teratur usus dan bangku yang tidak terbentuk
  • Kesehatan Optimal adalah keseimbangan yang baik dan Ayurveda tentu tidak satu ukuran-cocok-semua. Jika salah satu dari tanda-tanda di atas akumulasi mulai muncul, yang terbaik adalah untuk fokus pada pemurnian lembut (makan lebih tinggi cahaya, pedas dan pahit) dan kemudian untuk menambahkan dalam Manis, yajas-Foods dan begitu agni menyala terang.

Ada beberapa tumbuhan yang khusus mendukung ojas. Di antara mereka adalah ashwagandha (dengan akar somnifera) akar, Guddu (Tanispora cordifolia) batang, dan shatavari (Asparagus racemosus) root (Frawley, 2000). Tanaman ini dikategorikan sebagai rasayanas di Ayurveda. Perhatikan tanaman herbal-Ku yang akan datang untuk makanan yang bergizi dalam untuk lebih banyak info dari makan rasayanas!

Penutup

Belajar untuk mengamati agni Anda sendiri, ama, dan ojas dan untuk menyesuaikan diet dan praktek gaya hidup sesuai, akan menjadi langkah besar dalam meningkatkan kekebalan Anda dan vitalitas dari dalam ke luar!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *