5 Cara Mengatasi Stress dalam Waktu Singkat

Obat Indonesia – Manusia bisa mengalami stress kapan saja. Hal ini dikarenakan penyebab dari stress ada banyak sekali. Mulai dari jadwal yang terlalu padat, beban kerja yang banyak, tugas-tugas yang menumpuk dan tak kunjung selesai, masalah perekonomian, dan masih banyak lagi.

Ada suatu waktu dalam hari tersebut, dimana kamu merasa benar-benar muak dengan apa yang terjadi. Pikiranmu benar-benar penuh dan tidak mampu mencerna segala sesuatu secara jernih lagi.

Jika sudah seperti itu, tandanya kamu perlu waktu untuk bisa mengelola stress yang kamu alami. Sebab, jika didiamkan terlalu lama, stress ini bisa merambat ke penyakit lain. Entah itu menyerang psikis secara lebih parah lagi, atau bahkan sampai menimbulkan penyakit fisik.

Tips Mengatasi Stress dalam Waktu Singkat

Tips Mengatasi Stress dalam Waktu Singkat
Tips Mengatasi Stress dalam Waktu Singkat

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengelola stress dengan baik. Berikut merupakan tips mengelola stress dalam waktu yang singkat.

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Apalagi bagi pemula. Caranya adalah dapat dilakukan dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung, kemudian tahan napas selama 5 detik, setelah itu kamu bisa menghembuskannya secara perlahan melalui mulut.

Lakukan hal ini secara berulang dalam waktu tiga menit. Kemudian, kamu akan merasakan perbedaannya. Latihan pernapasan ini dapat membantu otak untuk melepaskan ketakutan, stress, maupun kecemasan.

Bermain dengan hewan

Memiliki hewan peliharaan di rumah tentunya akan sangat menguntungkan. Sebab, beberapa hewan peliharaan yang kamu punya bisa membantu mengurangi stress yang sedang kamu alami. Misalnya saja dengan mengelus kucing atau anjing.

Hal ini tidak membutuhkan waktu yang lama, dengan 5 menit saja, kamu sudah bisa mendapatkan ketenangan, karena perhatian kamu menjadi terpusat pada hewan peliharaan tersebut. Selain itu, mengelurs hewan juga memiliki beberapa manfaat psikologis. Salah satunya adalah tingkat hormon stress kortisol bisa menjadi lebih rendah.

Puasa dari ponsel

Tidak bisa dipungkiri, ponsel merupakan salah satu alat yang ada di dekat kamu, bahkan setiap waktu. Dari ponsel ini pula, kamu bisa kecanduan dan tidak mau berhenti setelah memainkannya. Namun, untuk dapat mengatasi stress, cobalah meluangkan waktu untuk tidak bermain, bahkan memegang ponsel. Luangkan paling tidak beberapa jam dalam sehari.

Jangan mengecek notifikasi yang masuk. Buatlah ruang yang berfokus pada dirimu sendiri. Saat itulah, kamu bisa mengalihkan fokus dan pikiran kamu pada hal-hal yang mebuatmu lebih bahagia.

Berimajinasi

Hal ini mungkin seringkali kamu lakukan ketika masih kecil. Yaps, berimajinasi merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kamu bisa memikirkan hal-hal apa saja yang mampu membuatmu senang dan bahagia. Menurut Ahli Terapi Trauma di Compass Health Center di Chicago Milica Popovic menerangkan agar manusia bisa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan mindfulness. Contohnya adalah kamu bisa berimajinasi mengenai lokasi maupun tempat yang belum pernah kamu kunjungi, dengan begitu kamu bisa menjadi lebih bersemangat lagi.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Memberikan ruang untuk diri sendiri itu penting. Bahkan, kamu harus melakukannya setiap hari, walaupun jika itu hanya berjalan selama 5 menit. Kamu perlu fokus terhadap diri kamu sendiri. Gunakan waktu luang tersebut untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Atau bahkan kamu juga bisa mengajak komunikasi diri kamu sendiri.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengatasi stress dalam waktu yang relatif singkat.

Jika memang sudah dalam tahap yang lebih parah, maka jangan ragu untuk memeriksakan diri ke psikiater terdekat, agar stress yang kamu alami dapat dikelola dengan lebih baik lagi, tentunya dengan orang yang sudah berpengalaman.

Related Posts

This Post Has 3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *