6 Tips Supaya Kebiasaan Begadangmu Bisa Hilang

Udah bukan rahasia lagi kalau begadang itu nggak baik buat kesehatan tubuh kamu guys. Jadi, 6 Tips Supaya Kebiasaan Begadangmu Bisa Hilang ini pasti berguna banget buat kamu. Apalagi dengan berbagai penyakit yang ditimbulkannya, mulai dari obesitas, kesehatan mental yang terganggu, juga menurunnya daya konsentrasi pada otak kamu.

Sayangnya masih banyak nih diantara kamu yang menjadikan begadang ini sebagai kebiasaan. Setiap hari terus-terusan begadang. Entah itu karena tuntutan pekerjaan atau emang karena jam tidur yang udah terlanjur berantakan. 

Tips Supaya Kebiasaan Begadangmu Bisa Hilang

Tapi, nggak ada yang namanya nggak mungkin. Buat kamu yang emang berniat banget supaya jam tidurnya bisa kembali normal, mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips dari Obat Indonesia di bawah ini.

Karena dengan nggak begadang, berarti kamu udah satu langkah lebih maju untuk menuju sebuah kesehatan.

Buat kamar tidurmu jadi rapi

Tips Biar Kebiasaan Begadangmu Bisa Hilang
(sumber: pexels.com)

Semua hal dimulai dari tempat dimana kamu akan tidur. Buatlah kamar tidurmu menjadi rapi. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman untuk beristirahat dengan cepat. Susun semua peralatan tidur, seperti bantal dan guling dengan rapi dan buatlah senyaman mungkin saat kamu akan tidur. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kamar tidur dengan membuang semua sampah yang masih berada di kamar kamu.

Buat diri kamu mengantuk secara sengaja

Tips Supaya Kebiasaan Begadangmu Bisa Hilang
(sumber: pexels.com)

Apakah rasa kantuk bisa dibuat secara sengaja? Sebenarnya bisa, caranya adalah dengan menggunakan media tertentu. Biasanya disini dilakukan dengan cara membaca buku ataupun mendengarkan musik. Coba lakukan hal tersebut untuk merangsang kamu agar bisa terasa mengantuk. 

Hindari bermain ponsel sebelum tidur

i bermain ponsel sebelum tidur
(sumber: pexels.com)

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari SLUNT, Ponsel merupakan salah satu hal yang harus dijauhkan dari kamu ketika akan tidur. Mengapa demikian? Karena ponsel bersifat adiktif yang mampu membuat kamu terpaku selama berjam-jam hanya dengan menatap dan scroll ponsel kamu.

Baca Juga : Kerenn!!! Inilah 7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kamu

Sebenarnya bukan hanya ponsel. Perangkat elektronik lainnya seperti laptop, televisi, tablet, dan komputer juga bersifat adiktif, yang tentunya akan membuat kamu terjaga dan sulit untuk tidur.

Tidak hanya itu saja, cahaya yang dihasilkan dari layar ponsel kamu mampu menekan produksi seratonin dan melatonin dalam tubuh yang akan membuat kamu terjaga dan sulit tidur. Jadi, pastikan 1-2 jam sebelum tidur jauhkan diri kamu dari ponsel.

Hindari tidur siang terlalu lama

(sumber: pexels.com)

Tidur siang sebenarnya diperbolehkan, namun jangan sampai terlalu lama. Paling tidak kamu bisa tidur siang selama 20 menit per harinya, agar membuat tubuh segar dan malam harinya kamu tetap dapat tidur dengan normal.

Sebab, ketika kamu tidur siang terlalu lama, malam harinya kamu akan sulit untuk mengantuk. Sehingga hal ini akan membuat kamu sulit tidur dengan tepat waktu.

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat
(sumber: pexels.com)

Mandi dengan air hangat tentunya akan membuat tubuh kamu menjadi lebih segar. Namun, karena sifat airnya yang hangat, juga mampu menimbulkan rileks dan nyaman pada tubuh kamu. Sehingga hal ini mampu membuat kamu cepat mengantuk dan akhirnya bisa tertidur dengan tepat waktu.

Perhatikan gizi harian

Perhatikan gizi harian
(sumber: pexels.com)

Semua usaha-usaha diatas, tentunya tidak akan berjalan dengan lancar apabila kamu tidak menjaga pola hidup sehat dengan memenuhi asupan gizi harian maupun berolahraga. Kamu tetap harus makan makanan yang sehat agar asupan gizi kamu bisa terpenuhi dengan baik setiap harinya.

Selain itu, kamu juga harus rajin berolahraga agar tubuh kamu bisa lebih sehat, kuat, dan tentunya bisa membantu kamu juga untuk mengendalikan kesehatan mental kamu. Sebab, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga merupakan jalan utama dari kesehatan yang kamu dambakan.

Akhir Kata

Jadi? Gimana? Cukup mudah untuk dilakukan bukan? Kunci dari semua itu adalah niat dan usaha. Hal pertama yang memang harus kamu lakukan adalah dengan meniatkan diri agar bisa terbebas dari yang namanya begadang dan kembali kepada jam tidur yang normal.

Dengan tekat yang kuat, kalau kamu ingin hidup sehat, maka semua cara-cara diatas akan mudah untuk dilakukan.

Related Posts

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *