5 Cara Mengatasi Tidak Nafsu Makan Saat Sarapan

Jadwal makan orang memang berbeda pada kehidupan sehari-hari. Kalau di hari-hari biasa, kamu dapat makan 3 kali sehari, mulai dari pagi, siang, dan malam.

Maka di bulan tertentu, kamu hanya dapat makan pada waktu malam sampai dengan dini hari. Setelah itu, tentu kamu harus melaksanakan puasa selama lebih dari 12 jam. 

Makan di waktu berbuka, tentu merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi, kamu akan merasa sangat lahap ketika sedang menyantap makanan tersebut. Namun, berbeda halnya ketika sarapan.

Cara Mengatasi Tidak Nafsu Makan Saat Sarapan

Cara Mengatasi Tidak Nafsu Makan Saat Sarapan
Cara Mengatasi Tidak Nafsu Makan Saat Sarapan

Ada beberapa orang yang merasa tidak nafsu makan ketika sarapan. Adanya rasa mual, malas untuk makan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa faktor. Ada yang karena merasa masih ngantuk, sehingga kamu menjadi malas untuk makan.

Ada lagi memang karena kamu tidak terbiasa makan pada jam-jam tersebut, sehingga makanan seringkali sulit untuk dimasukkan ke dalam mulut.

Lantas, bagaimana caranya supaya nafsu makan bisa tetap terjaga selama sarapan? simak penjelasan dari Obat Indonesia berikut ini :

Pilih menu masakan kesukaan kamu

Hal pertama yang pastinya mampu menggugah selera makan kamu adalah dengan membuat menu sarapan sesuai dengan yang kamu suka. Karena kamu suka dengan makanan tersebut, sudah pasti kamu akan bersemangat saat memakannya.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisinya. Jangan lupa untuk menjaga kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada masakan kesukaan kamu tersebut. Dengan begitu, bukan hanya sarapan dengan semangat. Namun kamu juga bisa berpuasa dengan lebih kuat dan semangat lagi tentunya.

Minum air putih

Minum air putih ini memiliki dampak pada nafsu makan kamu ketika sarapan. Saat tubuh masih terasa sangat mengantuk, bahkan untuk berjalan ke tempat makan saja sulit, pastikan kamu untuk minum air putih terebih dahulu. Setelah itu rasakan sendiri perbedaannya.

Kamu akan merasa tubuh dan otak kamu akan langsung segar. Dengan begitu, akan mengurangi rasa malas kamu saat sarapan akibat rasa ngantuk. Ketika rasa ngantuk sudah hilang, tentunya kamu akan dapat makan sarapan dengan lebih lahap lagi.

Minum teh manis hangat

Selain air putih, ada alternatif minuman lain yang dapat kamu konsumsi ketika sarapan, yakni teh manis hangat. Rasa manis yang ada akan mengurangi pahit yang masih membekas di mulut kamu akibat bangun tidur.

Baca Juga : 6 Tips Supaya Kebiasaan Begadangmu Bisa Hilang

Sehingga hal tersebut akan mempermudah kamu untuk bisa makan dengan lebih nikmat. Selain itu, sensasi hangat pada teh juga bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih segar.

Cuci muka dan gosok gigi

Salah satu faktor yang menyebabkan kamu nggak nafsu makan selama sarapan mungkin hanya berasal dari mulut kamu sendiri. Oleh karena itu, biasakanlah setelah bangun tidur, kamu langsung cuci muka dan gosok gigi, atau paling tidak berkumur dengan air.

Hal ini akan membuat wajah dan mulut kamu terasa lebih segar pastinya. Ketika sudah demikian, maka makanan apa saja akan terasa enak ketika sudah masuk ke dalam mulut kamu.

Hindari makanan berat

Makanan berat yang dimaksud disini adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, masakan yang berbumbu tajam atau bersantan.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Stress dalam Waktu Singkat

Makanan yang bersantan cenderung lebih mudah untuk menghilangkan selera makan. Selain itu, berpotensi membuat masalah pencernaan saat puasa.

Akhir Kata

Kelima tips diatas merupakan cara-cara yang mudah untuk kamu lakukan agar bisa lebih semangat saat sarapan. Nafsu makan di waktu sarapan nampaknya harus tetap terjaga. Sebab, sarapan merupakan waktu dimana kamu bisa mengisi energi agar kuat menjalani puasa selama seharian penuh.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *