5 Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Makan berlebihan, minum berlebihan, bahkan tidur berlebihan itu juga nggak baik buat kesehatan kamu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Terlalu Lama. Mungkin beberapa orang hanya mengetahui, bahwa insomnia mampu memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Namun, kamu tau nggak sih, kalo sebenernya tidur yang berlebihan juga bisa memicu terjadinya penyakit dalam tubuh kamu. Iya, tidur yang bisa disamakan dengan istirahat itu nyatanya nggak boleh dilakukan secara berlebihan.

Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Terlalu Lama
Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Buat kamu yang suka tidur, terutama dalam waktu yang lama, mungkin kamu bisa coba beberapa cara yang disediakan Obat Indonesia di bawah ini, supaya kebiasaan burukmu itu bisa hilang, jadi tubuhmu bisa makin sehat.

Mengatur jadwal tidur

Membuat jadwal tidur ini sekaligus melatih komitmen kamu. Sebab, dengan begitu kamu bisa mengukur kemampuan diri, seberapa mampu kamu menepati jadwal yang telah kamu buat. Jadwal tidur ini bisa ditulis mulai dari, jam berapa kamu akan tidur, jam berapa kamu bangun, berapa lama waktu kamu tidur, lalu jam berapa kamu makan.

Baca Juga : Kerenn!!! Inilah 7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kamu

Jadwal makan ini juga bisa mempengaruhi waktu serta kualitas tidur kamu. Pastikan kamu makan dengan jangka waktu 3 jam sebelum tidur. Dengan adanya jadwal tidur, diharapkan kamu punya wkatu tidur yang cukup, nggak lebih dan nggak kurang.

Jangan tidur siang terlalu lama

Buat kamu yang suka banget tidur siang lama-lama, mulai sekarang tolong ubah deh kebiasaan itu. Tidur siang yang sehat itu cuma 20-30 menit lho guys. Tidur siang yag terlalu lama bisa ngebuat kamu jadi linglung dan bingung setelah bangun.

Hal itu tentunya bukan hal yang kamu inginkan ketika bangun tidur. Padahal, tujuanmu istirahat dengan tidur di siang hari kan supaya kamu bisa lebih fresh dan bisa melanjutkan aktivitas kamu kembali.

Buat tempat tidur dalam posisi nyaman

Supaya kamu bisa cepat tidur di malam hari, sehingga keesokkan harinya kamu nggak bangun kesiangan. Maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan sebisa mungkin membuat posisi tidur yang nyaman.

Misalnya adalah dengan mematikan lampu, mengatur posisi bantal dan guling agar lebih enak saat kamu gunakan untuk tidur, serta yang pasti menjauhkan diri dari segala jenis peralatan elektronik berupa ponsel maupun laptop. Biasanya 2 jam sebelum tidur, kamu harus sudah menjauhkan perlatan elektronik dari jangkauanmu.

Jangan tidur diatas jam 3 sore

Tidur siang yang baik dilakukan diatas jam 3 sore. Hal ini dikarenakan pada saat-saat itu, tubuh yang sudah lelah setelah menjalankan aktivitas memerlukan waktu untuk istirahat. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya untuk tidur siang.

Mengapa tidur siang diatas jam 3 tidak boleh dilakukan? Hal ini bisa memberikan dampak, yakni ketika kamu bangun tidur, bisa-bisa kamu akan merasa linglung atau bingung. Bahkan, nggak jarang juga setelah bangun tidur kamu akan merasakan pusing.

Jangan suka menunda-nunda alarm

Saat alarm kamu sudah berbunyi, sebaiknya segera bangun dari tempat tidurmu. Sebab, kebiasaan menunda alarm kamu, malah akan membuat kamu semakin mengantuk dan kemudian terlarut dalam tidur.

Simak Juga : 6 Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Darah Rendah

Hal ini tentu saja membuat waktu tidurmu yang sudah kamu atur sedemikian rupa, malah menjadi gagal dan akhirnya kamu tidur dengan waktu yang cukup lama lagi.

Akhir Kata

Ayo, mulai hilangkan kebiasaan tidur terlalu lama! Lawan rasa malas yang ada pada diri kamu, demi mencapai hidup yang lebih sehat dan lebih baik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *